Udah edisi ke-7 nieh… MS Word plus Mail merge dan MS Front Page jadul untuk mail marketing.

Tanpa terasa dalam waktu 4 bulan ini sudah 7 edisi eNewsletter saya terbitkan, padahal targetnya cuma 6 dalam satu semester. (Curhat dikit) Dah gitu dulunya waktu minta tools buat email marketing boro-boro dikasih yang ada malah dipersulit dengan berbagai alasan, padahal program mail marketingnya sendiri secara ide sangat disetujui dan harus segera terbit krn hemat biaya dibandingkan versi cetak. Akhirnya seperti biasa krn gak bisa ngandelin orang lain apalagi bs sendiri, saya cari solusi dari potongan-potongan informasi yang ada dgn belajar dan ngetest sendiri dan tanya-tanya orang yg ikhlas membantu tanpa selamanya pamrih. Caranya …

Caranya saya manfaatkan Mail merge MS Office Word 2007, karena setelah melakukan beberapa kali test, hasil MS Word lebih konsisten dari pada MS Publisher 2007, dimana saya cukup copas dari email blash pusat sebagai templatenya agar tetep branding, untuk blashnya sendiri saya tetep pakai Mail merge yang juga di gunakan di publisher tapi kelemahannya memang data base harus buat lagi di excel atau access dan mengolahnya terpisah untuk cek duplicate atau tidak dan sayangnya klo mau pakai fasilitas verify email address harus pakai software add on yg berbayar.

Habis selesai di olah di MS Word sebelum diblash saya buat lagi HTML pagenya yang saya gandeng ke website coorporatenya Abacus, dulu saya pakai Dreamweaver untuk mengolah dan membuat HTMLnya tapi lagi-lagi karena yg ada hanya bajakan saya tidak boleh pakai, dan karena request yg ori juga enggak dikasih akhirnya saya pakai MS Front Page yg kebetulan ada orinya, meski software jadul dengan segala keterbatasan front page hasilnya tetep okeh, dan bisa dilihat disini. http://www.abacus-ind.co.id/news-a-events-/abacus-newsletter.html atau yg sudah saya post di blog ini : https://denay80.wordpress.com/category/newsletter/

Jadi setelah HTML pagenya selesai dibuat baru saya buka MS Outlook saya baru MS Word dengan file yg sudah ready di blash, tak lupa file excel/access berisi email address target yg akan dikirimi email juga sudah siap, baru deh seting2 sedikit di word kita klik sent dan mesin auto send ke 1000an email, biar email yg kita kirim tidak berat pastikan gambar yg ada pada email tidak terlalu banyak dan sudah di compress biar aja jadi agak burem gambarnya selama kita kasih link ke versi HTMLnya kan nanti penerima bisa lihat yg asli dan lebih detailnya.

Di outlook setelah smua terkirim akan muncul notif jika email yg kita kirim failed atau delay, nah ini yg sedikit problem buat saya karena klo ada 2000 email yg sudah saya kirim kemudian muncul 500 mail yg failed berarti saya harus buka satu persatu untuk mengolah databasse excel saya biar saya tidak ngulang kirim ke alamat email failed tsb. buat saya yg terlanjur kebanyakan kerjaannya gini mana sempet ngolah begituan, klo ada yg tahu cara lebih efektive saya mohon saran dan masukannya.

Gitu aja Semoga bermanfaat skalian curhat dikit hihihi.

Leave a Reply

