Belajar Excel : Cara melengkapi data di dalam excel dari dua file berbeda.

Dalam satu hari ini saya baru saja mendapatkan 2 (dua) ilmu beberda dari Om Jodas Marketing Analyst nya Abacus Indonesia, yaitu cara melengkapi data di dalam excel dari dua file yang berbeda, misalnya kita punya file excel berisi list email address lengkap dengan nama pemiliknya, di file yang berbeda kita punya file excel berisi list email address lengkap dengan nama perusahaan. kita ingin melengkapi file pertama yang hanya berisi nama lengkap dengan nama perusahaan. Caranya mudah cukup kita buat satu kolom baru kemudian masukan..

Rumusnya  =VLOOKUP(lookup_value; table_array; col_index_num; table_lookup])

Contohnya =VLOOKUP(D$3:D$10;Sheet2!A$2:O$100;3;FALSE)

Keterangan :

  • VLOOKUP : rumusnya
  • lookup_value : range data pada sheet yang sama dan uniq,
  • table_array : range data pada sheet yang berbeda dan mencakup semua data yang dibutuhkan
  • col_index_num : kolom ke berapa data yang akan diambil berada
  • table_lookup : sebaiknya pilih FALSE. sebenarnya ada dua pilihan False atau True klo False itu berarti data yang dimasukan akan benar-benar sama, klo True berarti data yang dimasukan tidak harus benar-benar sama persis semuanya misalkan hanya kata depan atau kata belakang.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s